The Next R.A Kartini

Biografi Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka adalah seorang politikus dari PDI Perjuangan yang menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Sebelum terjun dalam dunia politik, Rieke adalah seorang penulis buku, pembawa acara, pemain film dan sinetron Indonesia. Rieke lahir di Garut, Jawa Barat pada 8 Januari 1974 dengan nama lengkap Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari.

Rieke Diah Pitaloka dikenal sebagai bintang sinetron, teater, aktifis dan pembawa acara program televisi.

Setelah menyelesaikan pendidikan S-1 di Fakultas Sastra Belanda Universitas Indonesia dan S-1 Filsafat STF Driyakara, Jakarta , Rieke pun meneruskan pendidikannya. Meski sibuk dengan segala kegiatan ‘keartisan’, Rieke berhasil menyelesaikan pendidikan S-2nya di jurusan Filsafat Universitas Indonesia (UI). Bahkan tesisnya yang berjudul Banalitas Kejahatan: Aku yang tak Mengenal Diriku, Telaah Hannah Arendt Perihal Kekerasan Negara dijadikan buku dengan judul Kekerasan Negara Menular ke Masyarakat diterbitkan oleh Galang Press.

Rieke aktif dalam kegiatan politik, bahkan pernah menduduki jabatan wakil sekretaris jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pimpinan Muhaimin Iskandar. Rieke kemudian mengundurkan diri dari partai berbasis massa Islam tersebut untuk bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pimpinan Megawati Soekarnoputri.

Rieke adalah anggota DPR periode 2009-2014 dari PDI-P untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II. Di Dewan Perwakilan Rakyat, Rieke merupakan salah satu anggota dari Komisi IX.

Bidang yang sangat Ia perhatikan adalah bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Ia merupakan salah satu anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Rieke Diah Pitaloka menikah dengan dosen filsafat Universitas Indonesia, Donny Gahral Adian pada hari Sabtu, 23 Juli 2005, di kediaman orangtua Rieke di Garut, Jawa Barat.

Saat ini, keluarga Rieke dan Donny telah dikarunia 3 orang putra yang bernama Sagara Kawani(2009), dan putra kembar bernama Jalu Manon Badrika Adiansyah dan Jalu Manon Wisesa Adiansyah (2012).

Rieke Dyah Pitaloka juga mendirikan sebuah yayasan yang diberi nama “Yayasan Pitaloka” yang bergerak di bidang sastra dan sosial kemasyarakatan.

 

 

Pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat Periode 2013-2018, Rieke Diah Pitaloka mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Jawa barat dengan Teten Masduki sebagai wakilnya. Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki bersaing dengan pasangan Cagub-Cawagub lainnya yaitu Ahmad Heryawan danDeddy MizwarDede Yusuf dan Lex Laksamana, Irianto MS Syafiuddin dan Tatang Farhanul Ilham, serta Dikdik Mulyana Arief dan Cecep Nana Suryana.

Rieke Diah Pitaloka mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat dengan wakil Teten Masduki yang merupakan aktivis anti-korupsi.

 

Alasan Mengapa Saya Memilih Rieke Diah Pitaloka Sebagai The Next RA. Kartini

 

Rieke Diah Pitaloka adalah sosok Wanita Sejati yang mampu memperlihatkan sisi kekuatan nya sebagai seorang wanita, beliau juga adalah wanita pertama yang dengan tegas menolak kenaikan BBM pada waktu itu. Beliau sesosok wanita kuat, hebat, perkasa yang mampu menyetarakan diri sejajar dengan laki-laki. Kegiatan-kegiatan yang dia lakukan dan jabatan serta prestasi yang dia terima itu adalah salah satu bukti bahwa Beliau mampu menjalankan semua nya tanpa harus mengorbankan keluaraga.

Beliau tidak pernah melepaskan diri dari kodrat yang telah ditentukan yaitu menjadi seorang istri dan ibu untuk anak dan suami nya. Inilah sosok RA.Kartini yang akan datang, yang dapat menjadi panutan teladan bagi seluruh wanita-wanita Indonesia.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s